Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Ulang di Warung Soto Bening Mbah Kromo Kabupaten Jember
Abstract
Dunia bisnis di bidang kuliner telah berkembang pesat di kota Jember. Hal
ini terlihat banyaknya warung, rumah makan dan kafe baru yang bermunculan
dengan menawarkan/ menjualkan aneka produk yang mereka miliki. Banyaknya
bisnis kuliner bermunculan dikarenakan adanya kebutuhan dan keinginan
konsumen yang bermacam-macam dan harus dipenuhi. Kuliner di Kabupaten
Jember, khususnya soto banyak pesaing yang sudah berdiri seperti Soto Dahlok,
Soto Ayu, Soto Ayam H. Syukri, dan sebagainya, yang memiliki ciri khas yang
sama dari kuahnya yang kuning/ buram khas Lamongan/ Madura. Seiring
berjalannya waktu, muncul warung Soto Bening Mbah Kromo yang memiliki ciri
khas kuahnya bening berbeda dengan pesaing lainnya dengan penyajian yang unik
dalam mangkok kecil menjadi hal menarik bagi konsumen yang ingin mencoba.
Melihat semakin ketatnya persaingan bisnis kuliner di Kabupaten Jember, sebagai
pelaku usaha perlu perencanaan yang matang agar dapat bertahan dengan bauran
pemasaran (7P) yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian ulang. Penelitian
ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (7P)
terhadap keputusan pembelian ulang di Warung Soto Bening Mbah Kromo
Kabupaten Jember. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu explanatory
research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli soto di
Warung Soto Bening Mbah Kromo Kabupaten Jember. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
154 responden. Product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5),
physical evidence (X6), process (X7) sebagai variabel bebas dan keputusan
pembelian ulang (Y) sebagai variabel terikat. Metode analaisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, bukti fisik, dan proses
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang di Warung Soto
Bening Mbah Kromo Kabupaten jember. Sedangkan harga, lokasi, promosi dan
orang berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ulang di Warung
Soto Bening Mbah Kromo Kabupaten Jember.