Pengembangan Paket Tes Open-Ended Problem Pokok Bahasan Koordinat Kartesius untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII
Abstract
Permasalahan umum yang sering dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika adalah terpakunya siswa pada rumus matematika yang membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, hasil, dan kualitas pengembangan paket tes open-ended problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan yang bersifat deskriptif atau model pengembangan prosedural. Produk yang dikembangkan berupa paket tes Open-Ended Problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D. Pada penelitian ini dilakukan analisis validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Pada penelitian ini dilakukan uji coba kepada siswa kelas VIII. Hasil pengembangan menunjukan paket tes dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,712 untuk paket tes A, dan valid dengan reliabilitas 0,758 untuk paket tes B. Soal uraian paket tes A dan B yang terdiri dari 4 butir soal untuk masing-masing paket tes merupakan soal yang valid dan reliabel. Kualitas pengembangan menunjukan bahwa paket tes valid dan reliabel dengan nilai lebih dari 0,400 hingga 1,00 dan memiliki tingkat kesukaran lebih dari 0,15 hingga 0,85 serta memiliki kemampuan daya pembeda dengan hasil lebih dari 0,19.