• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Paket Tes Open-Ended Problem Pokok Bahasan Koordinat Kartesius untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Riezal Ari Pratama-170210101153.pdf (907.7Kb)
    Date
    2023-05-17
    Author
    PRATAMA, Riezal Ari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan umum yang sering dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika adalah terpakunya siswa pada rumus matematika yang membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, hasil, dan kualitas pengembangan paket tes open-ended problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan yang bersifat deskriptif atau model pengembangan prosedural. Produk yang dikembangkan berupa paket tes Open-Ended Problem pokok bahasan koordinat kartesius untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D. Pada penelitian ini dilakukan analisis validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Pada penelitian ini dilakukan uji coba kepada siswa kelas VIII. Hasil pengembangan menunjukan paket tes dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,712 untuk paket tes A, dan valid dengan reliabilitas 0,758 untuk paket tes B. Soal uraian paket tes A dan B yang terdiri dari 4 butir soal untuk masing-masing paket tes merupakan soal yang valid dan reliabel. Kualitas pengembangan menunjukan bahwa paket tes valid dan reliabel dengan nilai lebih dari 0,400 hingga 1,00 dan memiliki tingkat kesukaran lebih dari 0,15 hingga 0,85 serta memiliki kemampuan daya pembeda dengan hasil lebih dari 0,19.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117752
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository