Perencanaan Sarana Prasarana di TK Ilmu Al-Qur'an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2021/2022
Abstract
Sarana dan prasarana yang lengkap berpengaruh pada kemampuan guru dan rasa percaya diri dalam menyampaikan materi belajar pada anak sehingga dapat memaksimalkan potensi berfikir anak. Sarana dan prasarana yang lengkap di TK Ilmu Al-Qur’an juga berpengaruh pada kenyamanan guru ketika ingin memulai pembelajaran dengan anak, Meskipun sekolah sering mengalami kendala kekurangan dana dalam mengembangkan sarana dan prasara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan sarana prasarana di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perencanaan sarana dan prasarana di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 2021/2022 dilakukan melalui analisis kebutuhan dan skala prioritas yang diperbaharui secara berkala. Kendalanya sekolah hendaknya dapat mencari sumber dana alternatif untuk menambah kesempatan memperoleh sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai dengan skala prioritas. Catatan di buku inventaris hendaknya diperbarui secara berkala dan teliti sehingga dapat membantu analisis kebutuhan serta menentukan skala prioritas secara lebih tepat sasaran.