Show simple item record

dc.contributor.authorTHARISTYA, Berliana Cahya
dc.date.accessioned2023-08-22T22:27:17Z
dc.date.available2023-08-22T22:27:17Z
dc.date.issued2023-06-07
dc.identifier.nim190210102054en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117687
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_06 Finalisasi repositori 23 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu mata pelajaran yang erat kaitannya dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Namun, selama ini pembelajaran fisika banyak berorientasi pada prinsip, teori, konsep, dan hukum yang bersifat abstrak dengan cara menghafal dan jarang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga minat belajar siswa di sekolah rendah dan sebagian besar siswa menganggap bahwa materi fisika itu sulit, salah satunya adalah materi kesetimbangan dan dinamika rotasi. Pengintegrasian kearifan lokal dengan pendekatan etnosains dalam pembelajaran fisika secara kontekstual dapat diterapkan untuk menarik minat belajar siswa, salah satnya dengan kearifan lokal asal Kabupaten Lamongan ayitu tari Boran yang didalamnya mengandung konsep kesetimbangan dan dinamika rotasi. Hal ini juga perlu dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan secara lebih luas kesenian daerah yang mulai terpinggirkan dan diiringi dengan pembentukan karakter yang lebih baik dalam mengapresiasi keberadaan kesenian daerah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, kajian literatur, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini yaitu untuk menggali konsep kesetimbangan dan dinamika rotasi yang terdapat di gerakan pakem (utama) tari Boran yaitu gerakan intro, inti, dan ending serta eksistensi tari Boran yang dijadikan luaran berupa rancangan buku ajar fisika SMA. Data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui enam tahapan analisis konten yaitu unitizing, sampling, coding, reducing, inferring, dan narrating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep fisika Syarat kesetimbangan (∑ 𝐹𝐹 = 0 dan ∑ 𝜏𝜏 = 0) dalam tari Boran ditemukan saat posisi penari diam pada gerakan junjungan depan pada gerakan intro dan nawani, ketika penari berputar dengan percepatan sudut konstan pada posisi dan malik boran pada gerakan ending, serta titik pusat massa yang berada di tengah dan sisi kiri tubuh pada posisi tanjak dan junjungan depan pada gerakan inti. Konsep dinamika rotasi yang ditemukan dalam tari Boran yaitu konsep momen gaya pada posisi malik boran pada gerakan inti dengan arah putaran positif, momen inersia pada posisi nyunggi boran pada gerakan intro, dan konsep momentum sudut ketika penari melakukan putar kanan dan kiri pada serangkaian gerakan ukel. Selanjutnya berkaitan dengan eksistensi, keberadaan tari Boran yang menjadi kesenian tari khas Kabupaten Lamongan merupakan tarian yang digunakan sebagai tarian penyambutan baik pada acara pemerintahan maupun ditampilkan di berbagai acara di dalam atau di luar kota maupun dalam pagelaran budaya nasional. Rancangan buku ajar fisika SMA merupakan rancangnan buku ajar hasil penelitian yang didalamnya memuat konten materi kesetimbangan dan dinamika rotasi sesuai KI dan KD yang terintegrasi dengan tari Boran serta dilengkapi contoh soal dan uji kompetensi yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami aplikasi materi fisika pada tari Boran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat konsep fisika kesetimbangan pada tari Boran yang ditemukan pada gerakan junjungan depan pada gerakan intro dan inti, posisi nawani, serta tanjak dan konsep dinamika rotasi ditemukan pada posisi malik boran, nyunggi boran, serta serangkaian gerakan ukel. Keberadaan tari Boran sebagai tari khas Kabupaten Lamongan juga masih eksis sampai saat ini baik di dalam kota maupun di luar kota. Oleh karena itu, adanya konsep fisika yang telah ditemukan dan eksistensi tari Boran inilah akhirnya dapat dituangkan dalam rancangan buku ajar fisika SMA berbasis etnosains yang dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran baik dari segi materi maupun segi budaya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si. ; Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Maryani, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectDINAMIKA ROTASIen_US
dc.subjectKONSEP KESETIMBANGANen_US
dc.subjectETNOSAINSen_US
dc.subjectTARI BORANen_US
dc.titleAnalisis Konsep Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi pada Tari Boran Asal Kabupaten Lamongan sebagai Rancangan Buku Ajar Fisika SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Maryani, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_06en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record