Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook pada Materi Kalor dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah cabang ilmu yang fokus pada studi atau penyelidikan tentang fenomena di alam meliputi fakta, konsep dan hukum yang dimaksudkan membantu siswa untuk memahami dan mempelajari tentang fenomena alam. Pembelajaran IPA difokuskan kepada siswa agar terlibat secara langsung, sehingga siswa dapat mengetahui dan mengamati lingkungan secara
ilmiah dan mampu menerapkan konsep IPA dalam kehidupan.. Pembelajaran IPA juga melatih siswa untuk mengembangkan sikap ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan.
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE melalui tahapan-tahapan sebagai berikut 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket berupa lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, rubrik angket respon siswa dan rubrik. Teknik pemerolehan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis validasi terhadap bahan ajar yang dikembangkan, teknik kepraktisan bahan ajar yang
dikembangkan, teknik persentase N-gain untuk mengukur kemampuan komunikasi siswa dan persentase respon siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis flipbook. Sehingga demikian diperoleh data validitas, keterlaksanaan pembelajaran, data rubrik penilaian dan respon siswa.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan bahan ajar berbasis flipbook yaitu dari data validitas bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahan mendapatkan hasil 93% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi sebagai bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya. Hasil kepraktisan penggunaan bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan
perpindahannya memperoleh 91% yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Hasil analisis tersebut memenuhi kriteria sebagai bahan ajar yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil keefektifan bahan ajar berbasis flipbook pada materi kalor dan perpindahannya menunjukkan skor rata-rata nilai N-gain pada masing-masing aspek mengalami peningkatan. Pada aspek pemahaman isi teks mengalami peningkatan dari rendah menjadi tinggi. Pada aspek keruntutan pengungkapan isi teks mengalami peningkatan dari sedang menjadi tinggi. Pada aspek ketepatan diksi mengalami peningkatan dari sedang menjadi tinggi. Pada aspek ketepatan struktur kalimat mengalami peningkatan
dari sedang dengan nilai 0,50 menjadi sedang dengan nilai 0,53. Pada aspek ejaan dan tata tulis mengalami peningkatan dari sedang menjadi tinggi. Pada aspek kebermaknaan penuturan mengalami peningkatan dari sedang menjadi tinggi Analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis flipbook materi kalor dan perpindahannya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi tertulis siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil yang diperoleh dari rata-rata respon siswa menunjukkan persentase sebesar 82,3 % kriteria sangat baik. Hasil analisis tersebut dapat diartikan bahwa bahan ajar berbasis flipbook mendapat respon yang sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas bahan ajar berbasis flipbook yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar pada materi kalor dan perpindahannya. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis flipbook dapat keterlaksanan dengan kategori sangat praktis sesuai dengan kegiatan yang direncanakan guru.
Peningkatan kemampuan komunikasi siswa dilakukan dengan menggunakan rubrik yang kemudian dianalisis dengan menggunakan N-gain sehingga memenuhi kriteria efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi.