Kontribusi Bangtan Sonyeondan (BTS) sebagai Aktor Transnasional dalam Mempromosikan Nilai-Nilai Kosmopolitanisme
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana grup musik BTS (Bangtan Sonyeondan) berperan sebagai aktor transnasional dalam mempromosikan nilai-nilai kosmopolitan. Kosmopolitanisme sendiri secara umum dapat dipahami sebagai sebuah teori di mana semua orang menjadi bagian dari satu komunitas yang didasari oleh moralitas bersama. Sebelumnya, penelitian mengenai praktik kosmopolitanisme lebih banyak berfokus pada peran perusahaan multinasional dan organisasi internasional. Oleh karena itu, membawa BTS ke dalam bidang ini menjadi menarik dan penting karena peran individu dan kelompok seperti mereka seringkali terabaikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan data dikumpulkan dengan menggunakan penelitian kepustakaan. Hasilnya, artikel ini menunjukkan bahwa BTS berkontribusi dalam mempromosikan nilai-nilai kosmopolitan dengan meningkatkan kesadaran global untuk mengakhiri rasisme dan diskriminasi melalui musik, media sosial, donasi, dan advokasi.