Show simple item record

dc.contributor.authorKHOFIFAH, Farikha Nurul
dc.date.accessioned2023-08-15T02:35:23Z
dc.date.available2023-08-15T02:35:23Z
dc.date.issued2023-05-19
dc.identifier.nim190210204184en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117610
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_23 Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar siswa memiliki empat keterampilan dalam berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Kesuksesan pembelajaran Bahasa Indonesia bergantung pada bagaimana guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran dengan menarik dan bermakna. Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar yaitu menulis ringkasan teks eksplanasi. Materi tersebut terdapat pada Kompetensi Dasar (KD) 3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dan 4.3 Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual. Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui kegiatan wawancara dan observasi yang dilakukan di SDN 2 Sukorejo, Banyuwangi pada tanggal 27 september 2022, diketahui bahwa kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan hanya menggunakan buku cetak dari pemerintah saja. Penggunaan sumber belajar belum bervariatif dalam kegiatan pembelajarannya. Buku cetak tersebut belum sepenuhnya dapat membantu siswa dalam memahami materi. Kegiatan belajar menjadi kurang efektif karena siswa tidak tertarik memperhatikan materi, dan asik bermain sendiri. Permasalahan lainnya ialah sumber belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis ringkasan teks eksplanasi yang digunakan belum mengintegrasikan kearifan lokal pada pembahasan materinya. Menulis ringkasan dipandang mudah karena hanya menentukan intisari teks saja, akan tetapi yang terjadi di lapangan tidak demikian. Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa memahami materi menulis ringkasan teks eksplanasi ialah media audio visual. Inovasi penyajian teks eksplanasi ke dalam media audio visual yang menarik, diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi menulis ringkasan teks eksplanasi. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimanakah validitas, keefektifan, dan kepraktisan produk media audio visual berbasis kearifan lokal pada materi menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V di SDN 2 Sukorejo Banyuwangi. Tujuan penelitian pengembangan ini ialah untuk mengetahui validitas, keefektifan, dan kepraktisan produk media audio visual berbasis kearifan lokal pada materi menulis ringkasan teks eksplanasi siswa kelas V di SDN 2 Sukorejo Banyuwangi. Beragam manfaat yang dapat diberikan dengan adanya pengembangan media audio visual untuk siswa, guru, peneliti, dan peneliti lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan oleh Borg and Gall. Dilaksanakan di SDN 2 Sukorejo Banyuwangi pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian pengembangan oleh Borg and Gall yang digunakan dimodifikasi menjadi 8 tahapan pengembangan, yaitu 1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk, (8) uji coba keefektifan. Hasil penelitian diketahui bahwa media audio visual yang dikembangkan memiliki kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kevalidan media mendapatkan skor 88,6% berdasarkan tabel kriteria termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Keefektifan media mendapat skor sebesar 89% atau “sangat efektif” karena lebih dari 80% siswa tuntas dalam belajar. Kepraktisan media mendapat skor sebesar 93% atau “sangat praktis”. Kesimpulan penelitian pengembangan ini berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, media audio visual yang dikembangkan ialah sangat layak, sangat efektif dan sangat praktis. Saran yang dapat diberikan dengan adanya penelitian ini yaitu bagi siswa, menulis ringkasan melalui media audio visual dapat menjadi pengalaman belajar baru, bagi guru dapat mengembangkan media pembelajaran yang meningkatkan motivasi belajar siswa, bagi peneliti, dapat mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, serta bagi peneliti lain, digunakan sebagai referensi penelitian yang serupa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Drs. Hari Satrijono. M.Pd., Dosen Pembimbing anggota : Nindya Nurdianasari, S.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEARIFAN LOKALen_US
dc.subjectMEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.subjectTEKS EKSPLANASIen_US
dc.titlePengembangan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi pada Materi Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Siswa Kelas V di SDN 2 Sukorejo Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijono, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_23en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record