Strategi Internasionalisasi Bahasa Indonesia di Negara-negara ASEAN
Abstract
Bahasa Indonesia memiliki potensi dan perkembangan yang baik sebagai bahasa pergaulan atau lingua franca internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Namun, internasionalisasi Bahasa Indonesia harus dilaksanakan secara berkelanjutan. Internasionalisasi Bahasa Indonesia harus dilakukan dengan pemaksimalan fungsi Bahasa Indonesia berdasarkan prinsip atau konsep ilmiah (Cognitive Academic Language Proficiency) bagi penutur asing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi internasionalisasi Bahasa Indonesia di negara-negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah liberalisme dan konsep diplomasi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah strategi internasionalisasi Bahasa Indonesia di negara-negara ASEAN dilakukan dengan tiga acara, yaitu 1) manajemen berita; 2) komunikasi strategis; 3) membangun hubungan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah strategi internasionalisasi Bahasa Indonesia di negara-negara ASEAN memerlukan kerja sama banyak aktor untuk memastikan adanya fasilitasi yang optimal bagi masyarakat asing di negara-negara ASEAN yang memiliki kepentingan dalam mempelajari Bahasa Indonesia di berbagai bidang.