• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Aktivitas Petani Kopi di Kabupaten Jember pada Materi Geometri

    Thumbnail
    View/Open
    Yusril Achmad Fatoni - 210220101011.pdf (27.95Mb)
    Date
    2023-07-03
    Author
    FATONI, Yusril Achmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan dasar untuk memajukan pola pikir setiap individu sehingga sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Hal ini dikarenakan pendidikan berkaitan erat dengan kebudayaan. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, pendidikan nasional memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Perkembangan pendidikan di Indonesia sudah berkembang dengan pesat. Penelitian pengembangan pada penelitian ini mengacu terhadap model Thiagarajan (4D) yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate) Buku Ajar dengan nilai kevalidan 3,4 dengan prosentase 86%. Kemudian dilakukan uji coba untuk menilai kepraktisan perangkat dan didapatkan nilai 3,78 dengan prosentase 94,42%. Selain itu, dilakukan analisis aktivitas mahasiswa dan hasil respon mahasiswa untuk menguji keefektifan perangkat. Persentase aktivitas mahasiswa sebesar 94,42% dan termasuk dalam mahasiswa yang memenuhi kriteria sangat aktif, serta analisis hasil respon mahasiswa menunjukkan item pernyataan tentang pemahaman soal yang terdapat pada Buku Ajar mendapat respon positif tertinggi dengan persentase 95,19% Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar tergolong dalam buku ajar yang efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117553
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository