Pengaruh Penerapan Metode Proyek Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember
Abstract
AnakiUsiaiDini mempunyai enam aspekiperkembangan yangiharus
distimulasi. Salahisatunyaiadalah kemampuan motorikihalusianak. Kemampuan
ini memang tidak membutuhkan tenaga yang kuat, namun membutuhkan adanya
koordinasi mata dan tangan yang baik. Berdasarkan pengamataniawaliyang
dilakukan olehipeneliti di TKiAl Irsyad Al Islamiyyah KabupateniJember pada
bulan Agustus 2022 ditemukan sebuah permasalahan yaitu kemampuanimotorik
halusianak kelompokiB yang kurang berkembang. Dalam permasalahan tersebut,
penelitian ini akan menguji coba kegiatan proyek boneka wayang sebagai salah
satu upaya untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak kelompok B.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka dapat diambil
rumusan masalah yaitu, “Adakahpengaruh penerapan Proyek Boneka Wayang
terhadap kemampuan motorik halus anak Kelompok B TK Al Irsyad Al
Islamiyyah Kabupaten Jember?” Sesuai dengan rumusanimasalahiyangitelah
dipaparkanimaka tujuanapenelitianaini adalahauntuk mengetahuiLada tidaknya
pengaruhapenerapan Proyek Boneka Wayang terhadap kemampuan motorik halus
anak Kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau
eksperimen semu dengan pola non equivalen control group. Subyek penelitian ini
berjumlah 26 anakikelompok B TK AliIrsyad Al Islamiyyah KabupateniJember,
dimana kelompok B1isebagai kelompok eksperimenidan kelompokoB3 sebagai
kelompokikontrol. Metodeipengumpulan data yang digunakaniadalah observasi.
Pengambilan data dilakukan di bulan Januari 2023 selama kurang lebih 2 minggu
yaitu 1 hari pelaksanaan pretest untuk kelompokaeksperimenadanakelompok
kontrol, 3 hari treatmentikelompokieksperimen,idan 1 hari kegiatan posttest
untukukelompokieksperimen,idan kelompokikontrol. Penelitian melakukan uji
hipotesis uji-t independent t-test dengan menggunakan bantuan SPSS versi 26.0.
Hasil penelitian uji-t ditemukan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 5,779 yang
dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Diketahui df=n-2 (26-2)= 24 dengan taraf
signnifikasi 5%, maka 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 adalah 2,063 sehingga dapat dikatakan bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔
> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 5,779 > 2,063. Hasil uji signifikasi menemukan nilai signifikasi
sebesar 0,00 yang berarti 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwaiada
pengaruh Proyek Boneka Wayang terhadapikemampuan motorik halusianak
Kelompok B TK Al IrsyadiAl IslamiyyahiKabupaten Jember.
Saranidalam penelitianiini disampaikan bagi guru agar pelaksanaan
kegiatan dilakukan dengan tepat waktu agar anak-anak dapat mengerjakan
kegiatan Proyek Boneka Wayang dengan tuntas. Saranibagi penelitiulain yaitu
dapatimenggunakanialternatif alat danibahan yangilebihisesuai dalam pelaksanaan
kegiatan Proyek Boneka Wayang.