Show simple item record

dc.contributor.authorROFAHIYATI, Dini
dc.date.accessioned2023-08-08T03:45:09Z
dc.date.available2023-08-08T03:45:09Z
dc.date.issued2023-06-06
dc.identifier.nim180210402073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117521
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.description.abstractInteraksi dan komunikasi antar manusia bisa dilakukan tanpa bertemu langsung dengan menggunakan teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari siswa adalah media sosial, seperti YouTube. Konten yang terdapat dalam media YouTube adalah Podcast atau siniar dengan jenis wacana lisan yang memiliki segi tata wacana yang menarik untuk dikaji. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimanakah isi tuturan bagian orientasi pada Podcast Buku Kutu? 2) Bagaimanakah isi tuturan bagian tafsiran pada Podcast Buku Kutu? 3) Bagaimanakah isi tuturan bagian evaluasi pada Podcast Buku Kutu? 4) Bagaimanakah isi tuturan bagian rangkuman pada Podcast Buku Kutu? 5) Bagaimanakah pemanfaatan hasil penelitian Podcast Buku Kutu sebagai alternatif materi pembelajaran teks ulasan di SMP kelas VIII? Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian deskrtiptif. Dalam data penelitian ini berupa kutipan tuturan dalam bentuk kata-kata, kalimat dalam Podcast Buku Kutu yang diidentifikasi untuk menemukan struktur atau tatanan tuturan dalam Podcast tersebut. Data berupa hasil penelitian struktur dalam Podcast Buku Kutu untuk dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran teks ulasan di SMP kelas VIII. Sumber data dalam penelitian ini adalah video Podcast Buku Kutu di Channel YouTube Podluck Podcas Collective. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Prosedur yang digunakan dalam penelitian meliputi tahap pengambilan data lisan yang kemudian ditranskripsi menjadi data tertulis, lalu data diklasifikasikan, diberi kode, dan dianalisis, serta tahap yang terakhir disimpulkan dan diverifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur dari empat video Podcast Buku Kutu yang diteliti dibagi menjadi beberapa bagian. Struktur tersebut meliputi: (1) orientasi, di dalamnya dibagi menjadi 3 bagian yang meliputi identitas karya, informasi pengarang, dan latar belakang, (2) tafsiran, di dalamnya dibagi menjadi 2 bagian yang meliputi bentuk fisik buku dan gambaran singkat isi buku, (3) evaluasi, di dalamnya dibagi menjadi 2 bagian yang meliputi, penilaian kekurangan buku dan penilaian kelebihan buku, (4) rangkuman yang berisi kesimpulan ulasan. Dari hasil penelitian ini, juga ditemukan bahwa bagian-bagian dalam struktur tersebut tidak selalu disampaikan sesuai dengan urutan dan bahkan terdapat beberapa video yang tidak memiliki bagian-bagian lengkap seperti yang telah disebutkan. Melalui penelitian yang menunjukkan struktur yang terdapat dalam podcast Buku Kutu memiliki potensi untuk digunakan sebagai alternatif materi pembelajaran teks ulasan di SMP/MTs kelas VIII pada materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kompetensi dasar 3.12 menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diajukan saran sebagai berikut : 1) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi serta bahan diskusi dalam mata kuliah menyimak dan berbicara, 2) bagi peneliti yang meneliti bidang ilmu yang sama, disarankan untuk mengembangkan hal-hal lain yang belum diteliti dalam penelitian ini dengan objek yang berbeda, dan 3) bagi pengajar atau guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, disarankan memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai alternatif materi pembelajaran teks ulasan kelas VIII, lebih tepatnya pada KD 3.12 menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca.en_US
dc.description.sponsorshipAnita Widjajanti, S.S, M.Hum. Ahmad Syukron, S.Pd, M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectWACANA TUTURen_US
dc.subjectTUTUR BAHASA INDONESIAen_US
dc.subjectTEKS ULASANen_US
dc.subjectTUTUR BAHASA PODCASTen_US
dc.titleTata Wacana Tutur Bahasa Indonesia dalam Podcast “Buku Kutu” di Media Sosial YouTube dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Teks Ulasan di SMP/MTs Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Anita Widjajanti, S.S, M.Hum.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 08en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record