Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Probolinggo pada Tema 6 Subtema 1 untuk Kelas V SDN Randuputih II Kabupaten Probolinggo
Abstract
Ilmu pengetahuan sosial (IPS) adalah salah satu muatan materi dalam K-13 di SD yang diintergrasikan dalam tematik. Materi IPS SD meliputi kemampuan memahami fakta, isu, dan generalisasi. IPS SD bertujuan supaya peserta didik dapat mengenali permasalahan yang berkenaan dengan kondisi sosial masyarakat. Pembelajaran konkret diterapkan melalui pemanfaatan lingkungan atau keadaan sekitar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Randuputih I dan II Probolinggo, guru belum menggunakan bahan ajar dengan materi kearifan dan potensi lokal daerah. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang konkret diperlukan bahan ajar yang memuat kondisi di lingkungan sekitar peserta didik. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan jenis Borg and Gall. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan produk, memvalidasi dan mengertahui kepraktisan produk. Produk pengembangan pada penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Probolinggo pada tema 6 subtema 1 untuk kelas V. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Randuputih I dan II Probolinggo. Berdasarkan validasi produk diperoleh skor 90% termasuk kriteria sangat layak. Keefektifan produk sebesar 55,65% termasuk dalam keefektifan sedang. Kepraktisan produk berdasarkan analisis angket respon peserta didik memperoleh skor 89% termasuk dalam kategori sangat efektif. Hal ini menunjukkan, modul pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.