Pengembangan Media Videoscribe Terhadap Efektivitas Creative Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Model ADDIE
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran dalam ruang kelas masih rendah, rendahnya pemanfaatan media pembelajaran dapat mempengaruhi peserta didik di dalam kelas. Biasanya peserta didik akan merasa bosan jika pendidik hanya menggunakan metode ceramah saja. Untuk itu dikembangkan media pembelajaran agar membantu pendidik dalam proses pembelajaran didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas creative thinking skill dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media videoscribe. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan efektivitas creative thinking skill dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media videoscribe. Teknik analisis data dari penelitian ini ialah dengan menggunakan uji t-test dan eta squared. Hasil dari analisis uji T menunjukkan nilai uji-T adalah 0.000 (Df = 33). Nilai 0.00 lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor Pre-test dan Post-test. Hal ini juga disesuaikan dengan hasil peningkatan creative thinking skill yaitu sebesar 0.94 dengan kategori “Large Effect”. Artinya produk yang dikembangkan berhasil meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan tingkat keefektivan media pembelajaran videoscribe yang dikembangkan mempunyai pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan creative thinking skill dan hasil belajar peserta didik.