Analisis Konsep-Konsep Fisika pada Seluncuran (Water Slide) Kolam Renang sebagai Rancangan E-Book Suplemen Pembelajaran Fisika
Abstract
Pembelajaran berbasis lingkungan merupakan suatu pendekatan
pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui pendayagunaan
lingkungan sebagai sumber belajar. Pembelajaran dapat menggunakan fasilitas
belajar di lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar sehingga siswa mampu
mengembangkan dan melestarikan sumber daya alam serta meningkatkan kualitas
sumber daya manusia. Salah satu implementasi dari konsep-konsep fisika di
lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar yaitu pada
permainan seluncuran di kolam renang. Permainan seluncuran memiliki konsep
gaya dan energi yang dapat dipelajari. Implementasi konsep fisika pada seluncuran
tidak hanya memperhitungkan gaya dan energi, akan tetapi terdapat usaha untuk
bisa bergerak. Seluncuran tidak sekedar bermain saja, namun tiap pergerakan atau
perilaku dapat dipelajari dan dijelaskan dalam ilmu fisika. Tujuan dari penelitian
ini adalah menganalisis konsep-konsep fisika pada seluncuran kolam renang dan
menyusun rancangan e-book suplemen dari hasil deskripsi konsep-konsep fisika
pada seluncuran kolam renang.