• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Teka-teki Silang terhadap Hasil Belajar IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya pada Siswa Kelas IV di SDN Tanggul Kulon 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    T.A ISHLAH 180210204293 WATERMARK.pdf (647.9Kb)
    Date
    2023-05-15
    Author
    PRAYI, Ishlah Alwaritsa Aida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada materi pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku kaya budaya ini siswa akan belajar tentang keragaman budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah. Siswa mengetahui manfaat dan perlindungan keanekaragaman budaya di Indonesia. Dari pemahaman ini memungkinkan siswa untuk menerapkan nilai toleransi perbedaan dan keragaman di lingkungan mereka. Siswa bisa berusaha untuk melestarikan budaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Siswa sadar akan kekayaan budaya di sekitar dan menciptakan kebanggaan menerapkan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menelusuri informasi untuk memahami apa yang mendorong keragaman di lingkungan mereka. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN Tanggul Kulon 01 di kota Jember mengenai media pembelajaran penerapannya dalam Kurikulum Merdeka Belajar, dikarenakan masih materi-materi awal media pembelajaran diusahakan dan disiapkan oleh guru, jika belum terdapat media pembelajaran, pembelajaran terasa tidak real, kurangnya pengenalan serta penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru menyebabkan siswa kurang mengetahui mengenai materi kekayaan budaya Indonesia, kurangnya inovasi dan kreasi dalam menggunakan media pembelajaran. Tidak jarang siswa mengalami kesulitan untuk mengetahui kekayaan budaya Indonesia. Hal tersebut berdampak pada pemahaman penguasaan materi pelajaran IPAS pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Berdasarkan data observasi dan dokumentasi yang diperoleh pada siswa kelas IV SDN Tanggul Kulon 01 data diperoleh dari lapangan saat mengamati siswa kelas IV yaitu media pembelajaran tidak selalu digunakan dalam memberikan materi kepada siswa, mengacu pada buku siswa, kemudian siswa diminta untuk bergiliran membaca materi di kelas, guru mengatur suasana agar tugas tetap dilakukan dengan efisien, membimbing siswa satu-persatu ke tempat duduknya masing-masing. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan jenis penelitian eksperimen kuasi atau semu dengan pola penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanggul Kulon 01 Jember, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Data dalam penelitian ini berupa hasil pretest posttest siswa materi pelajaran IPAS pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji t-test, uji ER (Keefektifan Relatif), Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji-t menunjukkan hasil thitung sebesar 11,27. Perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%. Nilai ttabel dengan derajat kebebasan 41 adalah 0,681. Diketahui bahwa 11,27 > 0,681 atau thitung > ttabel. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan thitung > ttabel maka 11,27 > 0,681 telah memenuhi kriteria. Hipotesis alternatif (H1) diterima, keputusan ini juga didukung dengan perbedaan nilai pretest-posttest pada kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimental memiliki nilai beda pretest posttest 37,14 dan kelompok kontrol 17,52. Masing-masing kelompok memiliki peningkatan terhadap hasil belajar setelah diberi perlakuan. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai posttest 19,7 lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pada uji keefektifan relative (ER) menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang lebih efektif 71%. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan media teka-teki silang terhadap hasil belajar IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya pada siswa kelas IV di SDN Tanggul Kulon 01 Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu guru dalam memberikan pertanyaan dan menggunakan media teka-teki silang (tts) harus disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan kemampuan siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117493
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository