Implementasi Kegiatan Jurnal Pagi dalam Menstimulasi Berpikir Simbolik Anak Kelompok B4 di PAUD Terpadu Al-Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan jurnal pagi dalam menstimulasi berpikir simbolik anak kelompok B4 di PAUD Terpadu Al-Furqan Jember tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk menguji keabsahan data dan informasi penelitian yang sudah diperoleh. Hasil dari penelitian ini stimulasi berpikir simbolik anak terletak pada penggunaan kertas dan alat tulis serta pembiasaan yang diberikan dalam menuangkan segala perasaan, ide dan pengetahuan anak ke dalam bentuk simbol-simbol gambar, warna, dan tulisan. Kegiatan jurnal pagi dominan memberikan stimulasi terhadap capaian perkembangan berpikir simbolik anak dalam mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan serta kemampuan anak dalam mempresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar dan tulisan.