Pengaruh Penerapan Media Website Ruang Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di SMA pada Materi Fluida Dinamis
Abstract
Media pembelajaran yang interaktif dapat membuat peserta didik memiliki
pengalaman belajar yang banyak dan pembelajaran menjadi efektif. Berdasarkan
observasi dan wawancara yang telah dilakukan media pembelajaran yang sering
digunakan yaitu media cetak (buku paket), dan media visual (microsoft
powerpoint). Pembelajaran fisika yang dilakukan terpacu dengan rumus sehingga
peserta didik banyak yang mengalami kendala pada pemahaman konsep fisika.
Permasalahan pemahaman konsep pada peserta didik yang membuat rendahnya
kemampuan literasi sains peserta didik. Permasalahan kemampuan literasi sains
peserta didik di Indonesia yang rendah dan literasi digital yang kurang maka tujuan
penelitian untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi
fluida dinamis.
Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk mengkaji
adanya pengaruh media website ruang belajar terhadap kemampuan literasi sains
peserta didik SMA pada materi fluida dinamis. Tujuan kedua adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan literasi digital peserta didik SMA setelah
menggunakan media website ruang belajar pada materi fluida dinamis.
Jenis penelitian ini dalah True experimental yang dilakukan pada semester
ganjil di SMAN 3 Sidoarjo. Desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control
group design. Sampel ditentukan menggunakan uji homogenitas dengan
menggunakan cluster random sampling dan diperoleh hasil yaitu kelas XI-MIPA6
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Data
kemampuan literasi sains peserta didik diperoleh dari tes berupa pretest dan posttest
pada kedua kelas yang digunakan dalam penelitian. Data kemampuan literasi digital
peserta didik diperoleh dari nilai angket literasi digital yang diberikan pada kelas
eksperimen. Metode analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test
untuk data yang terdistribusi normal dan uji Mann-Whitney U-Test untuk data yang
tidak terdistribusi normal dengan bantuan SPSS 23.
Hasil penelitian mengenai pengaruh media website ruang belajar terhadap
kemampuan literasi sans peserta didik menggunakan uji Independent Sample TTest. Nilai rata-rata dari posttest kelas eksperimen lebih tingi daripada kelas kontrol
yaitu sebesar 78,76 > 67,45. Hasil analisis data kemampuan literasi sains peserta
didik menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh Nilai Sig. (p-value)
sebesar 0,003. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 tersebut lebih kecil daripada 0,05
atau dapat dituliskan 0,003 ≤ 0,05 maka 𝐻0 ditolak sehingga 𝐻𝑎 diterima yang
artinya terdapat pengaruh signifikan kemampuan literasi sains peserta didik antara
kelas kontrol yang menggunakan media power point dengan kelas eksperimen yang
menggunakan media website ruang belajar.
Hasil penelitian terkait kemampuan literasi digital peserta didik setelah
menggunakan media website ruang belajar pada materi fluida dinamis. Berdasarkan
hasil data diperoleh presentase pada indikator use skill sebesar 86,31% dengan
kriteria sangat baik, indikator critical understanding yaitu sebesar 82,46% dengan
kriteria baik, indikator communicative abilities yaitu sebesar 73,95% dengan
kriteria baik. Rata-rata presentase kemampuan literasi digital peserta didik terhadap
penerapan media website ruang belajar secara keseluruhan adalah 80,21% dengan
kriteria baik. Hasil tersebut membuktikan bahwa peserta didik memiliki
kemampuan literasi digital yang baik terutama dalam indikator use skill. Peserta
didik sangat menguasai dan mudah dalam mengoperasikan media.
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu terdapat
pengaruh mendia website ruang belajar terhadap kemampuan literasi sains peserta
didik. Penggunaan media website ruang belajar sebagai media pembelajaran dapat
memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Kemampuan literasi
digital peserta didik setelah penerapan media website ruang belajar pada materi
fluida dinamis termasuk pada kriteria baik dengan presentase 80,21%.