Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis STEM Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP
Abstract
Pengaruh pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penggunaan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penyebab rendahnya tingkat literasi sains di kalangan siswa SMP. Penelitian ini memiliki bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model PBL berbasis STEM menggunakan Google Classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang dipakai ialah non-equivalent control group design dalam studi kuasi eksperimen. Siswa kelas VIII SMPN 3 Jember dijadikan sebagai populasi penelitian sebanyak 8 kelas, menggunakan teknik random sampling untuk memilih 2 sampel. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini, sedangkan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Uji independent sample t-test digunakan untuk memeriksa hasil uji (P < 0,05). Kesimpulan dari implementasi model pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini dapat sebagai acuan variasi dalam pembelajaran agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.