Model Pembelajaran Sentra Sains Dan Bahan Alam Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Kelompok B1 di TK Plus Al Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Salah satu alsan yang mendasari penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini adalah melakukan penelitian dengan mendreskripsikan data yang diperoleh dari lapangan mengenai analisis model pembelajaran sentra sains dan bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B1 di TK Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun metode perolehan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian yang dilakukan di Tk Plus Al- Hujjah menggunakan alat perolehan data non tes yaitu melalui lembar observasi, pedoman wawancara guna mencapai tujuan penelitian.
Penerapan model pembelajaran sentra sains dan bahan alam untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok B1 di TK Plus AL-HUJJAH, guru memberikan materi kegiatan pembelajaran anak kelompok B1 sudah dilakukan oleh guru di kelas masing-masing sentra . Terdapat beberapa kegiatan di sentra sains dan bahan alam yang dapat mengembangkan motorik halus anak diantarannya yaitu kegiatan kolase, mencap mengunakan pelepah pisang, larutan tisu.