Implementasi Aktivitas Kesekretariatan di PT Mitratani Dua Tujuh Jember
Abstract
Salah satu bagian penting dari operasional perusahaan adalah kegiatan
kesekretariatan. Kesekretariatan merujuk pada bidang atau fungsi yang berkaitan
dengan manajemen administrasi dan pengelolaan dokumen dalam suatu organisasi atau
perusahaan. Secara umum, kesekretariatan melibatkan berbagai tugas seperti
penanganan surat-menyurat, pengelolaan arsip, koordinasi komunikasi internal dan
eksternal, serta penanganan tugas-tugas administratif lainnya. Penerapan implementasi
aktivitas kesekretariatan yang efektif dan efisien dalam suatu perusahaan sangat penting
bagi kelancaran operasional perusahaan. Oleh karena itu setiap perusahaan pasti
membutuhkan personal kantor yang salah satu tugasnya berkaitan erat dengan
kesekretariatan.
Salah satu perusahaan yang menjalankan aktivitas kesekretariatan adalah PT
Mitratani Dua Tujuh Jember yang merupakan sebuah perusahaan swasta nasional yang
bergerak dalam bidang agroindustri sayuran beku, dengan komoditas utamanya adalah
kedelai Jepang atau edamame. Dalam kegiatan operasional sehari – harinya di PT
Mitratani Dua Tujuh ada banyak sekali kegiatan – kegiatan kesekretariatan yang
dilakukan antara lain penanganan surat masuk baik dari eksternal perusahaan maupun
internal perusahaan, dan surat keluar, pengarsipan dokumen, penanganan telepon,
pengetikan dokumen, hingga pendistribusian dokumen.