PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI TK PLUS AL HUJJAH TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Sebagai seorang supervisor, kepala sekolah berperan pada upaya membantu mengembangkan
profesionalitas pengajar serta tenaga kependidikan lainnya. Kompetensi profesional ialah kemampuan
seorang pengajar pada menguasai materi ajar yang luas serta mendalam, yang memungkinkan untuk
membimbing siswa. Supervisi akademik merupakan aktivitas bantuan atau upaya meningkatkan dan
mengembangkan kemampuan guru untuk proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin
dicapai untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kompetensi
professional guru dalam melaksanakan supervisi akademik di TK Plus Al Hujjah Tahun Ajaran
2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi ini mengobservasi kepala sekolah dan
guru di TK Plus Al Hujjah, Wawancara yakni dilakukan secara langsung bersama kepala sekolah dan
guru di TK Plus Al Hujjah, Dokumentasi yaitu profil sekolah di TK Plus Al Hujjah, profil sekolah, profil
guru, silabus, rpph, rppm, dan data-data yang berhubungan. Hasil penelitian bahwa peran kepala sekolah
sebagai supervisor sebagai berikut yaitu sebagai koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, dan
evaluator peran kepala sekolah sebagai supervisor menunjukkan bahwa berjalan sesuai dengan tugasnya.
Namun terdapat kekurangan dalam kegiatan supervisi akademik salah satunya kendala yang dialami
yaitu seperti belum menyiapkan silabus, rppm dan rpph.