Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
Pemanfaatan perkembangan teknologi dalam pendidikan sangat mempengaruhi fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Keterampilan dalam pemanfaatan teknologi pendidikan dapat meningkatkan cara berpikir dan dapat memecahkan masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media alur cerita artikulasi. Penelitian ini tergolong penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan produk yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired T-Test, dan Eta Squared. Berdasarkan uji T diketahui nilai uji t sebesar 0,000 (Df = 24). Nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari nilai ambang batas tingkat kepercayaan 5% (0,000 < 0,05). Jadi disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor Pre-test dan Post-test. Hal ini disesuaikan dengan hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan nilai 0,927 dengan kualifikasi efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjadi rekomendasi untuk digunakan, karena terbukti memberikan pengaruh yang signifikan.