• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Engineering and Scince Performance Siswa SMP pada Materi Kalor dan Perpindahannya Ditinjau dari Perbedaan Gender

    Thumbnail
    View/Open
    repository.pdf (2.817Mb)
    Date
    2023-05-26
    Author
    SARI, Adinda Febi Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada abad 21, sistem pembelajaran dapat dikatakan baik bila mencakup keterampilan berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan suatu masalah, kemampuan kolaborasi dan kemampuan komunikasi yang baik. IPA, baik sebagai proses maupun produk pembelajaran, seharusnya diajarkan secara seimbang, namun dalam praktiknya, pendidikan IPA di sekolah selama ini belum mengiringi proses ilmiah tetapi hanya menekankan pada pemahaman konsep. Penggunaan metode yang tepat akan menjadikan siswa secara efektif mampu menerima pesan yang disampaikan serta peran guru sebagai fasilitator dan pusat pembelajaran terdapat pada siswa itu sendiri (student centered learning) Rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia, hal itu dapat dikarenkan engineering and science performance siswa yang masih tergolong rendah. Selain itu kesenjangan gender dalam kelas engineering and science juga muncul di Indonesia, terutama di pulau jawa. Peneliti lain juga menunjukkan bahwa siswa SMP perempuan di Pulau Jawa sedikit kurang tertarik pada pekerjaan engineering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui engineering and science performance Siswa SMP pada materi kalor dan perpindahannya ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatifi dengan pendekatan Etnografi untuk mengeksplorasi engineering and science performance siswa ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian inii akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ajung Jemberppada tahun ajaran 2022-2023 semesterr ganjil. Dengan partisipan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ajung Jember sebanyak 6 siswa yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling area. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul akan direduksi untuk membuang data yang tidak diperlukan. Setelah direduksi, data akan dianalisis sesuai indikator engineering and science performance kemudian ditarik kesimpulan. Hasil eksplorasi Engineering performance siswa laki-laki lebih unggul dibandingkan perempuan, tetapi tidak menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan karena siswa laki-laki secara signifikan lebih terlibat dalam kepemimpinan aktif, melakukan hal-hal seperti mengarahkan orang lain, menyarankan, memulai kegiatan dan memanipulasi materi, sebaliknya partisipasi siswa perempuan seringkali berfokus pada bantuan pasif dan pencatatan atau membangun hubungan dengan orang lain, mengamati dan mengikuti arahan. Kemudian untuk, Science performance siswa perempuan lebih mendominasi. Jumlah perilaku science performance antara laki-laki dan perempuan terlihat cukup signifikan jumlahnya. Perempuan lebih unggul di science performance pada bagian menjelaskan konsep sains kepada anggota kelompoknya, melalukan pencatatan, dan mengarahkan anggota kelompok sesuai prosedur pelaksanaan kegiatan serta lebih berani untuk meminta pendapat dari guru. Sedangkan siswa laki-laki untuk perilakus science performance lebih kepada perilaku mengamati aktivitas secara pasif, serta mendengarkan dan mengikuti arahan dari guru dan siswa lain. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil engineering performance siswa laki-laki lebih unggul dibandingkan perempuan, tetapi tidak menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Hasil science performance siswa lakilaki dan perempuan terlihat cukup signifikan jumlahnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117313
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository