Pengaruh Search Engine Optimization dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Kursus di Vocasia dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening
Abstract
Terciptanya internet dimanfaatkan organisasi bisnis untuk mencapai tujuannya. Kegiatan belanja secara online terus meningkat. Studi di era digital dapat membantu organisasi bisnis untuk meningkatkan strategi pemasaran. Vocasia merupakan perusahaan penyedia platform pendidikan online di Indonesia. Perusahaan berupaya peningkatan aktivitas digital marketing. Jasa perusahaan yaitu kursus pelatihan secara daring. Penelitian ini menganalisis pengaruh search engine optimization dan media sosial terhadap keputusan pembelian pada kursus di Vocasia dengan minat beli sebagai variabel intervening. Kuesioner didistribusikan secara daring kepada responden yang terjangkau oleh peneliti berjumlah 106. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara search engine optimization dan media sosial terhadap minat beli. Terdapat pengaruh signifikan antara search engine optimization dan media sosial terhadap keputusan pembelian. Tidak terdapat pengaruh signifikan antara search engine optimization dan media sosial terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada peserta kursus di Vocasia.