Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi, dan Hasil Belajar Siswa SMP
Abstract
Zaman yang semakin berkembang membawa perubahan bagi sejumlah
sektor kehidupan, tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Pendidikan saat ini
perlu membekali siswa dengan keterampilan abad 21, keterampilan abad 21 terdiri
dari 4C yaitu berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinking),
komunikasi (communication) dan kolaborasi (collaboration). Salah satu
keterampilan yang dibutuhkan siswa adalah keterampilan berpikir kritis karena
siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang menyebabkan kurang memiliki
pengalaman dalam menemukan suatu konsep serta mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari. Selain itu, keterampilan komunikasi merupakan
keterampilan yang juga perlu dimiliki pada abad 21. Di samping itu, hasil belajar
juga harus diperhatikan dan ditingkatkan, mengingat hasil belajar merupakan
suatu keterampilan internal yang telah menjadi milik pribadi seseorang dan
kemungkinan melakukan sesuatu sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.
Selain pentingnya keterampilan bagi siswa, materi pembelajaran juga harus
dikuasai terutama mata pelajaran IPA materi energi dalam sistem kehidupan.yang
dianggap perlu dipelajari dengan baik. Salah satu alternatif yang dapat
menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran
GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry). Pembelajaran dengan menggunakan
model GI-GI dilakukan secara berkelompok agar siswa dapat berinteraksi secara
aktif dengan guru dan siswa lain dalam hal bertukar pengetahuan, wawasan,
penemuan masalah, penyelesaian masalah, serta berasumsi atau berhipotesis.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh model pembelajaran
GI-GI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi energi dalam sistem kehidupan. 2) mengkaji pengaruh model pembelajaran GI-GI terhadap
kemampuan komunikasi siswa SMP pada materi energi dalam sistem kehidupan.
3) mengkaji pengaruh model pembelajaran GI-GI terhadap hasil belajar siswa
SMP pada materi energi dalam sistem kehidupan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain
penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMPN
12 Jember pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel dipilih dengan
menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh dua kelas yaitu kelas VII
A dan VII E. Teknik dan instrumen pengumpulan data dibagi menjadi dua yaitu
teknik utama dan pendukung. Teknik utama dilakukan dengan menggunakan tes.
Tes yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa berupa 6
soal essay yang telah disesuaikan dengan indikator menurut Facione. Lalu tes
yang digunakan untuk mengukur keterampilan komunikasi yaitu melalui
presentasi siswa yang disesuaikan dengan indikator kompetensi dasar. Kemudian
tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa 10 soal essay yang
disesuaikan dengan kompetensi dasar. Adapun teknik pendukung dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis
keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan hasil belajar siswa
dilakukan dengan uji independent sample t-test dengan syarat uji normalitas
terpenuhi serta uji t-pihak kanan.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Pada uji independent sample ttest keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikas, maupun hasil belajar
siswa bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Berdasarkan kriteria pedoman
dalam hipotesis penelitian ini apabila p-value (sig) < 0.05, sehingga dapat
disimpulkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan
kelas kontrol artinya penerapan model pembelajaran GI-GI berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa daripada kelas yang pembelajarannya tidak
menerapkan model pembelajaran GI-GI. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa:
1) penerapan model pembelajaran GI-GI pada materi energi dalam sistem
kehidupan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
SMP. 2) penerapan model pembelajaran GI-GI pada materi energi dalam sistem
kehidupan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP.
3) penerapan model pembelajaran GI-GI pada materi energi dalam sistem
kehidupan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP.