Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis HOTS Tema Cuaca pada Siswa Kelas III di UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 Kabupaten Jember
Abstract
Pembelajaran di abad 21 berorientasi pada kegiatan untuk melatih
keterampilan siswa dengan mengarah pada proses pembelajaran yang aktif,
sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Artinya proses pembelajaran
dipusatkan pada siswa. Akan tetapi, selama ini pembelajaran berpusat pada guru
dan belum memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengeluarkan pendapatnya.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III di UPTD SATDIK SDN
Tanjungrejo 03 pada tanggal 6 September 2022 diperoleh data bahwa hasil belajar
siswa masih berada pada kategori kurang. Hal ini disebabkan karena proses
pembelajaran menggunakan model pembelajaran ceramah dengan sistem
penugasan serta belum mengarah pada keterampilan berbasis HOTS. Selain itu,
keterbatasan media dalam pembelajaran juga membuat siswa sulit menangkap
materi pembelajaran. Penerapan model dan penggunaan media yang lebih inovatif
diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama tema Cuaca
subtema Keadaan Cuaca pembelajaran 1. Salah satu model yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model (PBL) berbantuan PPT Interaktif.
Model PBL adalah model pembelajaran berbasis masalah yang melibatkan
siswa dalam memecahkan masalah nyata. Selain model, penerapan media juga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media PPT
Interaktif. PPT Interaktif adalah merupakan salah satu media dalam proses
pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi-materi pokok berupa
tulisan, gambar, video, audio yang dapat menarik minat siswa untuk mengikuti
kegiatan pembelajaran. Penerapan model PBL dan penggunaan media PPT
Interaktif diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Cuaca.
Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimanakah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa berbasis HOTS kelas
III di UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 setelah mengikuti pembelajaran
dengan model PBL berbantuan PPT Interaktif pada tema cuaca. Tujuannya adalah
untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa berbasis
HOTS kelas III di UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 setelah mengikuti
pembelajaran dengan model PBL berbantuan PPT Interaktif pada tema cuaca.
Penelitian dilaksanakan di kelas III UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03
Kabupaten Jember. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu semester genap tahun
pelajaran 2022/2023 yang dimulai pada tanggal 27 Februari 2023 hingga 2 Maret
2023. Penelitian ini dilakukan pada tema 5 (Cuaca) subtema 1 (Keadaan Cuaca)
pembelajaran 1 secara luring. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas III UPTD
SATDIK SDN Tanjungrejo 03 dengan jumlah 26 siswa dimana 14 siswa laki-laki
dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan berupa Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali
pertemuan dimana masing-masing terdapat siklus terdiri atas empat tahapan yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data ada tiga yaitu wawancara, tes, dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan PBL berbantuan PPT
Interaktif dalam proses pelaksanaannya dapat menciptakan suasana pembelajaran
lebih menarik dengan cara yang menyenangkan dan kondusif sehingga hasil
belajar siswa pada tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca pembelajaran 1 dapat
meningkat pula. Hasil belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 58%
dengan kategori kurang, meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan kategori
baik dan meningkat kembali pada siklus II mencapai 83% dengan kategori sangat
baik. Saran yang diberikan bagi penelitian ini yaitu dapat dijadikan sebagai bahan
pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
berbasis HOTS. Selanjutnya, saran yang diberikan bagi pengembangan penelitian
lain yaitu diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.