• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis HOTS Tema Cuaca pada Siswa Kelas III di UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Ayu Dewi Wahyuni_190210204023.pdf (2.367Mb)
    Date
    2023-05-26
    Author
    WAHYUNI, Ayu Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran di abad 21 berorientasi pada kegiatan untuk melatih keterampilan siswa dengan mengarah pada proses pembelajaran yang aktif, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Artinya proses pembelajaran dipusatkan pada siswa. Akan tetapi, selama ini pembelajaran berpusat pada guru dan belum memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengeluarkan pendapatnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III di UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 pada tanggal 6 September 2022 diperoleh data bahwa hasil belajar siswa masih berada pada kategori kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ceramah dengan sistem penugasan serta belum mengarah pada keterampilan berbasis HOTS. Selain itu, keterbatasan media dalam pembelajaran juga membuat siswa sulit menangkap materi pembelajaran. Penerapan model dan penggunaan media yang lebih inovatif diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama tema Cuaca subtema Keadaan Cuaca pembelajaran 1. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model (PBL) berbantuan PPT Interaktif. Model PBL adalah model pembelajaran berbasis masalah yang melibatkan siswa dalam memecahkan masalah nyata. Selain model, penerapan media juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media PPT Interaktif. PPT Interaktif adalah merupakan salah satu media dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi-materi pokok berupa tulisan, gambar, video, audio yang dapat menarik minat siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penerapan model PBL dan penggunaan media PPT Interaktif diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Cuaca. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa berbasis HOTS kelas III di UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbantuan PPT Interaktif pada tema cuaca. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa berbasis HOTS kelas III di UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbantuan PPT Interaktif pada tema cuaca. Penelitian dilaksanakan di kelas III UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 Kabupaten Jember. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang dimulai pada tanggal 27 Februari 2023 hingga 2 Maret 2023. Penelitian ini dilakukan pada tema 5 (Cuaca) subtema 1 (Keadaan Cuaca) pembelajaran 1 secara luring. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas III UPTD SATDIK SDN Tanjungrejo 03 dengan jumlah 26 siswa dimana 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dimana masing-masing terdapat siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ada tiga yaitu wawancara, tes, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan PBL berbantuan PPT Interaktif dalam proses pelaksanaannya dapat menciptakan suasana pembelajaran lebih menarik dengan cara yang menyenangkan dan kondusif sehingga hasil belajar siswa pada tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca pembelajaran 1 dapat meningkat pula. Hasil belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 58% dengan kategori kurang, meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan kategori baik dan meningkat kembali pada siklus II mencapai 83% dengan kategori sangat baik. Saran yang diberikan bagi penelitian ini yaitu dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbasis HOTS. Selanjutnya, saran yang diberikan bagi pengembangan penelitian lain yaitu diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117285
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository