Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Teks Narasi Sejarah untuk Siswa Kelas V di SDN 5 Kebondalem Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, validitas, serta efektivitas dari produk bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal pada materi teks narasi sejarah untuk siswa kelas V di SDN 5 Kebondalem Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Pada penelitian ini, langkah-langkah pengembangan R&D model Borg and Gall hanya dilakukan sampai pada tahapan kedelapan yaitu uji coba produk. Hal ini dikarenakan pada tahapan kedelapan penelitian pengembangan sudah dapat disimpulkan kelayakan dan keefektifan dari produk yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, validasi, angket, serta tes. Hasil validitas oleh ketiga validator ahli media, bahasa, dan materi sekaligus praktisi menunjukkan bahwa produk bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan memperoleh nilai sebesar 88,1 dengan kriteria sangat layak. Skor validitas produk dari angket respons siswa adalah 91% yang tergolong kedalam kriteria sangat baik. Efektivitas produk bahan ajar yang telah dikembangkan ditinjau dari skor ketuntasan hasil belajar sebesar 86,36% yang tergolong kedalam kriteria sangat baik. Tingkat keefektifan produk apabila dilihat dari angket respons siswa menunjukkan skor akhir sebesar 87 sehingga tergolong kedalam kategori sangat efektif. Berdasarkan tes hasil tersebut menunjukkan bahwa produk bahan ajar Bahasa Indonesia yang dikembangkan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi teks narasi sejarah di kelas V sekolah dasar.