Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI IPS 4 di MAN 2 Jember
Abstract
Manusia memerlukan orang lain dalam hal berinteraksi yakni kegiatan berkomunikasi. Dalam kegiatan berkomunikasi maka diperlukannya suatu bahasa. Dalam berbahasa tersebut dapat ditemui suatu penggunaan campur kode dalam kegiatan berkomunkasinya. Dimana dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditemui bentuk percampuran kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru kepada siswanya dalam mengiringi kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk percampuran kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI IPS 4 di MAN 2 Jember. Metode. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah berupa suatu hasil dari percakapan antara guru maupun siswa/i kelas XI IPS 4 di MAN 2 Jember saat kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang mengandung faktor campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hasil. Terdapat bentuk percampuran kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yakni penutur ingin menarik perhatian kepada mitra tutur, penutur memiliki tujuan atau alasan akademis, serta penutur ingin memperlihatkan style atau gaya bahasa dalam kegiatan berkomunikasinya. Kesimpulan. Bentuk percampuran kode yang paling banyak digunakan pada dialog antara guru dan siswa kelas XI IPS 4 adalah penutur ingin menarik perhatian kepada mitra tutur serta penutur memiliki tujuan atau alasan akademis