• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI IPS 4 di MAN 2 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Distribusi Skripsi_agung_riski_zaiunurrahman_190210402114 (Campur Kode).docx (1.052Mb)
    Date
    2023-04-18
    Author
    ZAINURRAHMAN, Agung Riski
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Manusia memerlukan orang lain dalam hal berinteraksi yakni kegiatan berkomunikasi. Dalam kegiatan berkomunikasi maka diperlukannya suatu bahasa. Dalam berbahasa tersebut dapat ditemui suatu penggunaan campur kode dalam kegiatan berkomunkasinya. Dimana dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditemui bentuk percampuran kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru kepada siswanya dalam mengiringi kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk percampuran kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI IPS 4 di MAN 2 Jember. Metode. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah berupa suatu hasil dari percakapan antara guru maupun siswa/i kelas XI IPS 4 di MAN 2 Jember saat kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang mengandung faktor campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hasil. Terdapat bentuk percampuran kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yakni penutur ingin menarik perhatian kepada mitra tutur, penutur memiliki tujuan atau alasan akademis, serta penutur ingin memperlihatkan style atau gaya bahasa dalam kegiatan berkomunikasinya. Kesimpulan. Bentuk percampuran kode yang paling banyak digunakan pada dialog antara guru dan siswa kelas XI IPS 4 adalah penutur ingin menarik perhatian kepada mitra tutur serta penutur memiliki tujuan atau alasan akademis
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117258
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository