Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V SD pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Menggunakan Certainty of Response Index (CRI)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan seberapa tinggi miskonsepsi siswa kelas V SD pada tema organ gerak hewan dan manusia menggunakan CRI. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SPF SDN Selolembu tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah siswa kelas V sebanyak 17 siswa. Dari hasil analisis diketahui tingkat miskonsepsi tema organ gerak hewan dan manusia yaitu sebesar 33,71% berkategori sedang. Miskonsepsi disebabkan jawaban salah tetapi tingkat keyakinan diri siswa tinggi (nilai CRI 3-5). Miskonsepsi terjadi pada semua indikator soal. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep sistem rangka manusia dengan persentase sebesar 82,35%, sedangkan miskonsepsi terendah terjadi pada pada konsep organ gerak hewan dengan persentase sebesar 0,00%. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu tingkat miskonsepsi tema organ gerak hewan dan manusia termasuk kategori sedang dengan nilai CRI 3-5.