Dampak Pelatihan Ice Breaking dalam Pengelolaan Kelas di KB (Kelompok Bermain) Darus Salam Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak pelatihan ice breaking dalam pengelolaan kelas di KB Darus Salam Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, dampak pelatihan ice breaking meningkatkan kualitas pendidik di KB Darus Salam yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan baru mengenai ice breaking yang didapatkan pendidik setelah mengikuti pelatihan. Kedua, dampak pelatihan ice breaking dalam pengelolaan kelas di KB Darus Salam yaitu terciptanya lingkungan dan kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan, serta terciptanya interaksi antara pendidik dengan peserta didik dan peserta didik dengan peserta didik.