Pengaruh Koneksi Politik, Transfer Pricing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh koneksi
politik, Transfer Pricing dan corporate social responsibility terhadap agresivitas
pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi pada
sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-
2021. Sampel penelitian ini terdiri dari 23 perusahaan yang dipilih menggunakan
metode purposive sampling dari 71 perusahaan pertambangan di Bursa Efek
Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan
tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan yang didapatkan dari Bursa Efek
Indonesia (BEI) atau melalui situs web resmi perusahaan. Pengukuran koneksi
politik dan Transfer Pricing perusahaan diukur dengan variabel dummy,
corporate social responsibility diukur dengan pedoman global reporting initiative
(GRI Standards).Metode yang digunakan adalah analisis data panel dengan
menggunakan program Microsoft Excel dan Econometric Eviews Student
Version 12 ( E-views 12). Hasil penelitian menunjukan bahwa koneksi politik
tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, Transfer Pricing tidak berpengaruh
terhadap agresivitas pajak, dan corporate social responsibility tidak berpengaruh
terhadap agresivitas pajak.