Pengembangan Media Interaktif Berbasis Microsoft Sway untuk Pembelajaran Fisika di SMA Pokok Bahasan Energi Terbarukan
Abstract
Abad 21 menuntut kita untuk terus menyesuaikan zaman yang diiringi pesatnya teknologi informasi. Media pembelajaran di sekolah yang terbatas menggunakan buku cerak menjadi media pembelajaran utama yang belum tergantikan dalam pembelajaran. Kurang mampunya memvisualisasikan fenomena secara dinamis, kurang interaktif, serta tidak mendukung belajar multi sumber, menuntut guru harus berinovasi mengenai media interaktif yang akan diterapkan pada siswa. Microsoft Sway merupakan salah satu solusi media pembelajaran interaktif yang dapat memvisualisasikan gambar serta video dengan baik, memuat contoh soal dengan tampilan yang baru serta memudahkan siswa untuk mengakses materi. Metode penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan model penelitian Plomp. Model Penelitia Plomp terdiri dari tiga tahapan yakni penelitian awal, tahap desain dan tahap penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 bulan Januari hingga Februari dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangka media interaktif, mengetahui validitas, efektifitas serta respons peserta didik terhadap media interaktif berbasis Microsoft Sway dalam pembelajaran fisika materi energy terbarukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Microsoft Sway sangat valid, efektif dan memberikan kepuasan bagi siswa yang menerima penerapan media Microsoft Sway.