• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar IPA SMP Kelas VIII

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI REPOSITORY.pdf (78.03Mb)
    Date
    2023-05-02
    Author
    TIASTUTIK, Fuji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berguna mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai LKPD berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar IPA SMP Kelas VIII. Penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimental. Populasi memakai peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Jember. Sampel penelitian ditetapkan memakai metode purposive sampling area yaitu kelas VIII G sebanyak 33 peserta didik dan kelas VIII H yakni 32 siswa. Perangkat pembelajaran berupa (1) silabus, (2) RPP, dan (3) LKPD berbasis multirepresentasi. Teknik pengambilan data utama yakni tes berbentuk soal uraian 10 soal yang mengarah ke berpikir tingkat tinggi (HOTS) guna melihat hasil belajar kognitif dilaksanakan tes (pretest) dan (posttest) dan kisi-kisi soal tes. Teknik pengambilan data pendukung yaitu lembar pemantauan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitain dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dahulu. Hasil uji hipotesa pada nilai posttest didapat nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya ditolak dan disetujui sehingga nilai rerata skor posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol berbeda atau model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai LKPD berbasis multirepresentasi berdampak terhadap hasil belajar IPA SMP kelas VIII. Pernyataan tersebut membuktikan pembelajaran memakai model pembelajaran PBL disertai LKPD berbasis multirepresentasi memungkinkan menggapai hasil belajar IPA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117206
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository