Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai LKPD Berbasis Multirepresentasi Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar IPA SMP Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini berguna mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai LKPD berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar IPA SMP Kelas VIII. Penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimental. Populasi memakai peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Jember. Sampel penelitian ditetapkan memakai metode purposive sampling area yaitu kelas VIII G sebanyak 33 peserta didik dan kelas VIII H yakni 32 siswa. Perangkat pembelajaran berupa (1) silabus, (2) RPP, dan (3) LKPD berbasis multirepresentasi. Teknik pengambilan data utama yakni tes berbentuk soal uraian 10 soal yang mengarah ke berpikir tingkat tinggi (HOTS) guna melihat hasil belajar kognitif dilaksanakan tes (pretest) dan (posttest) dan kisi-kisi soal tes. Teknik pengambilan data pendukung yaitu lembar pemantauan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitain dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dahulu. Hasil uji hipotesa pada nilai posttest didapat nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya ditolak dan disetujui sehingga nilai rerata skor posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol berbeda atau model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai LKPD berbasis multirepresentasi berdampak terhadap hasil belajar IPA SMP kelas VIII. Pernyataan tersebut membuktikan pembelajaran memakai model pembelajaran PBL disertai LKPD berbasis multirepresentasi memungkinkan menggapai hasil belajar IPA.