Pengaruh Pengetahuan, Promosi, dan Motivasi Santri Terhadap Minat Menjadi Nasabah Tabungan Bank Syariah Indonesia Jember di Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel
Abstract
Bank syariah merupakan lembaga keuangan layaknya bank konvensional tetapi menggunakan prinsip syariah yaitu keadilan, keseimbangan, dan kemasahatan. Kegiatan utama bank adalah menghimpun dana dari masyarakat melalui simpanan dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat umum dalam bentuk pinjaman atau kredit. Tujuan utama bank syariah adalah sebagai alat transaksi maupun menghimpun dana. Bank syariah pada saat ini yang termasuk dalam BUMN adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Tujuan penelitian ini adalah ingin lebih mengetahui faktor apa yang mempengaruhi calon nasabah untuk memutuskan menjadi nasabah BSI. Peneitian ini untuk menganalisis apakah pengetahuan, promosi, dan motivasi santri berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah BSI Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebesar 51 santri PP. Raden Rahmat Sunan Ampel dengan tehnik yang digunakan yaitu purposive sampling dan metode analisisnya adalah analisis linier berganda. Pengolahan data penelitian ini menggunakan spss versi 25. Hasil olahan data yang diperoleh dari uji t menunjukkan pengetahuan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah dengan nilai signifikansi 0,001 (0,001 < 0,05). Promosi secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah dengan nilai 0,796 (0,796 > 0,05). Motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05).