Strategi dan Perilaku Manajemen Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19: Bukti Empiris di Sektor Pariwisata Dan Transportasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan strategi dan perilaku yang dilakukan oleh manajemen saat sebelum dan selama wabah covid-19 terutama dalam tindakan income smoothing dan Corporate Social Responsibility (CSR) pada sektor terdampak yaitu sektor pariwisata dan transportasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari annual report periode 2019-2020. Pengukuran pada variabel income smoothing menggunakan rumus dari kustono yang merupakan rekonstruksi dari indeks eckel sedangkan pengukuran pada variabel CSR dihitung menggunakan total pengungkapan setiap perusahaan dibagi dengan keseluruhan pengungkapan yang berada pada standar GRI (Global Reporting Intiative). Metode analisis data yang digunakan adalah uji beda t-test dengan sampel berhubungan untuk data yang tergolong normal dan uji wilcoxon signed rank test untuk data yang tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan income smoothing pada sektor pariwisata dan transportasi saat sebelum maupun selama wabah covid-19 berlangsung, sedangkan pada variabel CSR menunjukkan bahwa terdapat perbedaan CSR berupa peningkatan dari sebelum ke selama wabah covid-19