Analisis Strategi Cost Leadership Pada Usaha Sembako UD. Aya Kabupaten Bondowoso
Abstract
Mempertahankan keunggulan dalam berbisnis merupakan suatu tantangan bagi setiap
pengusaha. Strategi dibutuhkan pengusaha sebagai metode untuk menganalisis keunggulan
atau bahkan kelemahan yang dimiliki pada usaha yang dijalankan dan sebagai cara untuk
mempertahankan konsumen atau menarik konsumen baru dan mengungguli pesaing.
Menerapkan strategi cost leadership dapat membantu pengusaha dalam memenangkan pasar.
Pada pelaksanaannya cost leadership memiliki resiko yang membuat pengusaha tidak dapat
bertahan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi
bersaing cost leadership yang digunakan pada UD. Aya yang berlokasi di desa Pakuniran
Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, dengan waktu penelitian 2 bulan yaitu Oktober
sampai November 2022. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subjek penelitian yaitu pemilik UD. Aya dan karyawan sebagai informan
pendukung. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari hasil
observasi dan wawancara secara langsung dengan pemilik dan karyawan UD. Aya. Data
sekunder yaitu dengan informasi dari dokumen, buku, jurnal dan sebagainya. Metode
pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi
sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Aya menggunakan strategi cost leadership
dengan melakukan pengendalian biaya secara efektif dan menyeluruh, dengan
memaksimalkan kegiatan operasional dan penjualan, serta mencari cara mengurangi biaya.