Pengembangan Media Pembelajaran Kliping Digital pada Tema 5 Subtema 1 Berbasis Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila untuk Peserta Didik Kelas V SDN Langkap 02 Jember
Abstract
Pembelajaran abad 21 erat kaitannya dengan pengembangan teknologi, informasi, dan komunikasi. Kurangnya inovasi dalam pemanfaatan teknologi pada pembelajaran yang dikemas menjadi media pembelajaran menyebabkan pembelajaran kurang menyenangkan, sehingga berimplikasi pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran kliping digital yang valid, efektif, dan praktis berbasis pengamalan nilai-nilai Pancasila untuk peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pengembangan model Borg and Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD yang berjumlah 49 peserta didik, 20 peserta didik untuk subjek uji coba pengunaan produk. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, soal, dan dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan adalah validasi produk, uji reliabilitas instrumen, analisis indeks daya pembeda dan indeks kesulitan, uji keefektifan, dan uji kepraktisan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran kliping digital berbasis pengamalan nilai-nilai Pancasila. Kesimpulannya adalah penelitian tersebut menghasilkan produk pendidikan yaitu media pembelajaran kliping digital yang telah diuji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.