Show simple item record

dc.contributor.authorHARVANI, Indah Dwi
dc.date.accessioned2023-06-26T01:57:59Z
dc.date.available2023-06-26T01:57:59Z
dc.date.issued2023-04-13
dc.identifier.nim190210101001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117094
dc.description.abstractHasil studi PISA tahun 2018 menyatakan bahwa kemampuan literasi numerasi mayoritas siswa di Indonesia relatif rendah. Dalam rangka perbaikan mutu pendidikan di Indonesia pemerintah melakukan perubahan pada proses evaluasi dengan mengganti UN menjadi AKM. Proses pembaruan ini ditujukan guna membiasakan siswa berpikir kritis yang merupakan salah satu dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Maka dari itu, soal numerasi AKM harus merupakan soal berpikir tingkat tinggi. Namun sebagian besar instrumen penilaian yang dikembangkan oleh guru SMP di Indonesia tidak melibatkan proses berpikir dan bernalar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi sehingga terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil dari pengembangan soal numerasi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil analisis dengan pemodelan Rasch menyatakan bahwa 10 soal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan Outfit MNSQ, Outfit ZSTD, dan Pt. Mean Corr sehingga tidak ada soal yang perlu dirubah. Nilai item reliability sebesar 0,82 bermakna bahwa hasil dari pengembangan soal berada di kategori bagus dan dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan baik. Berdasarkan analisis kemampuan subjek penelitian yang terdiri dari 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jember, sebanyak 39% siswa termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi level rendah sedangkan 61% lainnya termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi level tinggi. Hasil pengembangan soal numerasi konten aljabar untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectsoal numerasien_US
dc.subjectkemampuan berpikir tingkat tinggien_US
dc.subjectpemodelan raschen_US
dc.titlePengembangan Soal Numerasi Konten Aljabar untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorValidasi unggah file repository_Iswahyudi_Mei 2023 tanggal 31en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record