Efektivitas Kegiatan Collaboration Art Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember
Abstract
Interaksi sosial perlu untuk dikembangkan sejak dini agar anak- anak dapat mempelajari cara menyesuaikan diri terhadap tradisi dalam satu kelompok masyarakat, nilai moral serta norma yang ada dalam masyarakat untuk dapat saling berkomunikasi dan tolong menolong satu sama lain. Kolaborasi seni adalah kegiatan yang melibatkan anak-anak untuk dapat bergiliran, berbagi, mengikuti aturan, bernegosiasi, dan
berkompromi dalam membuat sebuah karya seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas kegiatan kolaborasi seni terhadap kemampuan interaksi sosial anak kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pola non equivalen control group. Hasil penelitian menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 dimana lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan kolaborasi seni efektif terhadap kemampuan interaksi sosial anak kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember tahun ajaran
2022/2023.