Penerapan Model Improve Berbantuan Cd Pembelajaran pada Topik Segitiga untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas Viia Semester Genap Smpn 11 Jember Tahun Ajaran 2008/2009
Abstract
Pembelajaran dengan model IMPROVE merupakan pembelajaran yang
didalamnya berisi komponen yaitu Introducing new concept (memperkenalkan
konsep baru), Metacognition questioning (pemberian pertanyaan yang metakognisi),
Practicing (latihan), Reviewing and reducing difficulty (tinjauan ulang dan
mengurangi kesulitan), Obtaining mastery (perolehan pengetahuan), Verification
(verifikasi), Enrichment (pengayaan). Pembelajaran ini dilaksanakan di SMPN 11
Jember karena di tempat ini belum pernah melakukan penelitian yang sama, dan
tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan model IMPROVE
berbantuan CD pembelajaran sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu
meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengkaji penerapan model IMPROVE
berbantuan CD pembelajaran pada topik segitiga untuk meningkatkan hasil belajar; 2)
Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model IMPROVE
berbantuan CD pembelajaran pada topik segitiga; 3) Mengkaji aktivitas siswa selama
kegiatan pembelajaran dengan penerapan model IMPROVE berbantuan CD
pembelajaran pada topik segitiga untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas
VIIA semester genap SMPN 11 Jember tahun ajaran 2008/2009. Subjek penelitian adalah siswa kelas VILA. SMPN 11 JEMBER. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan
kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan
tes. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, hasil wawancara dan hasil tes.
Media pembelajaran yang digunakan adalah Animasi Pendidikan Indonesia
Matematika SMP Kelas VII CD 3 Anivisi Edutama. Penelitian dilaksanakan dalam
dua siklus dengan 5 kali pertemuan.