Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Tipe C di Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan rumah sakit, citra dan fasilitas rumah sakit terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah pasien BPJS Kesehatan yang mendapatkan pelayanan di rumah sakit swasta tipe C di Jember minimal 6 bulan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 200 pasien. Data penelitian ini diolah dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan AMOS versi 24. Penelitian ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan rumah sakit dan fasilitas rumah sakit berpengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien. Kepuasan pasien memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pasien. Citra rumah sakit tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien.
Collections
- MT-Management [539]