Keberdayaan Pemuda melalui Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) di Kabupaten Kediri
Abstract
Keberdayaan Pemuda Melalui Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara di Kabupaten Kediri; Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keberdayaannpemuda pada Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) di Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menentukan lokasi menggunakan teknik purposive area yaitu bertempat di Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Kabupaten Kediri. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Agar lebih akurat peneliti menggunakan teknik keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan perannya dalam keberdayaan pemuda melalui Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara yaitu sebagai pelopor untuk memberi wawasan berliterasi kepada pemuda melalui kegiatan seperti program yang ada di Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara yaitu pengelolaan Taman Baca, donation dan public relation, dan media desain grafis. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai bentuk Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara membentuk pemuda untuk menjadi generasi penerus bangsa dan juga harapan bangsa.