Show simple item record

dc.contributor.authorAzura, Shabira Hafiz
dc.date.accessioned2023-06-13T22:09:38Z
dc.date.available2023-06-13T22:09:38Z
dc.date.issued2023-04-14
dc.identifier.nim190210102006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116846
dc.descriptionFinalisasi repositori 14 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada pembelajaran abad 21 yang semakin pesat mengakibatkan adanya perubahan pada pembelajaran, salah satunya perubahan pada teknologi dan media pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran abad 21 mengharuskan guru memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi yang baik. Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian dari pembelajaran abad 21. Media pembelajaran berbasis teknologi digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam menyampaikan dan memahami materi pembelajaran secara lebih efektif. Media Augmented Reality (AR) dapat membantu proses belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran Augmented Reality (AR) adalah Assemblr EDU. Assemblr EDU merupakan platform yang digunakan untuk membuat kegiatan belajar lebih aktif, interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan dengan 3D dan AR. Assemblr EDU memungkinkan guru untuk membuat konsep-konsep abstrak menjadi lebih nyata. Guru dapat menjelaskan materi pembelajaran dari setiap sudut melalui Assemblr EDU dengan teknologi tiga dimensi. Selain itu, penggunaan Assemblr EDU yang tidak memerlukan pengetahuan tentang pemrograman akan lebih memudahkan guru untuk membuat konten materi di aplikasi atau website secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan media Augmented Reality Assemblr EDU terhadap motivasi belajar fisika siswa SMA dan mengkaji pengaruh signifikan media Augmented Reality Assemblr EDU terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk posttest-only control design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Arjasa Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh hasil kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan media Augmented Reality Assemblr EDU saat pembelajaran, sedangkan kelas kontrol tidak. Data motivasi belajar fisika siswa diperoleh dari angket, sedangkan data penguasaan konsep fisika siswa diperoleh dari tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan uji hipotesis berbantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian motivasi belajar fisika siswa menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 80,12 > 58,12. Hasil analisis data menggunakan uji Independent Samples T-test diperoleh nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) 0,000 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil daripada taraf signifikansi ( 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian penguasaan konsep fisika siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 86,64 > 79,30. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U-test diperoleh nilai signifikansi (Sig. (2- tailed)) 0,000 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil daripada taraf signifikansi ( 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data terhadap motivasi belajar fisika dan penguasaan konsep fisika siswa, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media Augmented Reality Assemblr EDU terhadap motivasi belajar fisika siswa SMA. Ada pengaruh signifikan media Augmented Reality Assemblr EDU terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Subiki, M.Kesen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAugmented Reality Assemblr EDUen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectPenguasaan Konsep Fisiken_US
dc.titlePengaruh Media Augmented Reality Assemblr EDU terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Gelombang Mekaniken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Singgih Bektiarso, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Subiki, M.Kesen_US
dc.identifier.validatorKacung-5-Juni 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record