Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) melalui Media Berbasis Visual Leaflet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di SDN Sempusari 01 Jember
Abstract
Kemajuan peradaban dewasa ini menjadi titik fokus peradaban yang telah mengarah pada informasi, teknologi, komunikasi dan komputasi. Pada bidang pendidikan menuntut untuk berkembang sesuai dengan pola hidup manusia yang didasarkan pada teknologi. Aktivitas pembelajaran yang berjalan disesuaikan dengan tuntutan pada era 21. Sederhananya pembelajaran abad 21 meliputi kecakapan 4C yang meliputi: Collaboration, Communication, Critical Thingking dan creative, didasarkan pada Taksonomi Bloom. Tenaga pengajar diharap mempunyai keterampilan proses dalam pembelajaran dan tidak hanya mengandalkan metode ceramah. Fasilitas yang diberikan guru dapat dilakukan dengan pemberian media pembelajaran, dimana peran media dalam pembelajaran juga berperan penting supaya siswa tidak bosan. Permasalahan tersebut memunculkan permasalahan lain yaitu kemampuan berpikir kritis pada kegiatan belajar pembelajaran cenderung pasif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dapat dibantu dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah seperti model belajar Problem Based Learning (PBL) juga dengan penggunaan alat bantu pembelajaran yang penting berupa media pembelajaran media visual leaflet.