Strategi Inovasi Produk dan Kemasan Usaha Kuliner Tika Catering Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi inovasi pada produk dan
kemasan yang diterapkan oleh Tika Catering Jember berdasarkan landasan strategi yang
digunakan oleh pengelola usaha tersebut. Strategi inovasi produk dan kemasan dijabarkan
menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis domain dan taksonomi. Metode domain dan taksonomi bertujuan
untuk mengungkap gambaran umum objek penelitian dan memperoleh fokus yang mendalam
serta menciptakan hasil yang lebih rinci dan juga mendalam pada objek penelitian. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
analisis menunjukkan bahwa Tika Catering menerapkan strategi inovasi yang berfokus pada
produk dan kemasan. Inovasi yang dilakukan adalah inovasi berbasis modulasi, inovasi berbasis
ukuran, inovasi berbasis kemasan, dan inovasi berbasis desain. Pada ianovasi kemasan, lebih
menonjolkan inovasi yang berfokus pada aspek logo, warna dan bahan kemasan.