Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Gresik pada Mata Pelajaran Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unit 3 untuk Kelas IV di UPT SDN 44 Gresik
Abstract
Pengenalan budaya lokal dapat berpotensi penting diberikan sejak dini
kepada para peserta didik agar timbul rasa cinta tanah air dan rasa peduli serta
tumbuh rasa cinta untuk memiliki budaya lokal. Upaya yang dilakukan yaitu
memasukkan materi kebudayaan lokal ke dalam suatu bahan ajar LKPD Berbasis
Kearifan Lokal. Kearifan lokal yang dipadukan dalam kegiatan pembelajaran
diharapkan dapat menjadikan para penerus bangsa yaitu peserta didik mengenal dan
cinta akan budaya serta potensi daerah yang dimilikinya. Harapan tersebut tentunya
dapat mendorong peserta didik dalam berpartisipasi dalam melestarikan budaya
lokal daerah dan turut mengembangkan, mengenalkan, serta menjaga potensi yang
dimiliki daerah.
Penelitian ini difokuskan pada Unit 3 mata pelajaran PPKn pada kelas IV
dan hanya berpusat pada pengenalan kearifan lokal Gresik dan terkait konsep
bhinneka tunggal ika. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimana proses
pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Gresik pada mata pelajaran PPkn unit
3 kelas IV di UPT SDN 44 Gresik; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan
kepraktisan pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Gresik pada mata
pelajaran PPKn unit 3 kelas IV di UPT SDN 44 Gresik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and
Gall yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan menyesuaikan pada
penelitian pengembangan yang dilaksanakan. Validasi LKPD berbasis kearifan
lokal Gresik telah dilakukan oleh ketiga validator ahli, adapus skor rerata yang
diperoleh dari ketiga validator yaitu 83,5 masuk ke dalam kategori sangat layak.
Keefektifan LKPD berbasis kearifan lokal Gresik ditinjau dari pencapaian hasil
belajar melalui posttest.