• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Articulate Storyline 3 Terhadap Minat dan Keterampilan Proses Sains pada Konsep Hukum Newton tentang Gravitasi di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Shindi Antika Sari_Repository.pdf (2.143Mb)
    Date
    2023-05-24
    Author
    SARI, Shindi Antika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini berkaitan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media articulate storyline 3 pada pembelajaran Fisika di SMA. Fisika merupakan salah satu bidang disiplin ilmu yang erat kaitannya dengan fenomena alam, pengetahuan mengenai karakter, interaksi, gejala, dan hubungan sebab-akibat suatu partikel mikro dengan partikel sangat besar yang tidak bisa dijangkau dengan mata telanjang. Dalam mencapai tujuan pembelajaran setiap pendidik dituntut untuk benar-benar memahami model pembelajaran yang akan diterapkan. Oleh karena itu pendidik, memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Pendidik harus pintar dan kreatif dalam membawakan materi Fisika yang terkesan sulit. Perlu idterapkan model pembelajaran yang mengajak peserta didik aktif didalam kegiatan pembelajaran dalah satunya yakni model pembelajaran PBL berbantuan media Articulate Storyline 3. Model pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu strategi pembelajaran, model ini melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah melalui beberapa tahap metode ilmiah (saintfik) sehingga peserta didik mampu belajar dan medapatkan solusi dari suatu masalah. Model pembelajaran yang melibatkan masalah nyata secara tidak terstruktur dan bersifat terbuka terhadap pendapat, ide atau gagasan lain sebagai bagian dari pengembangan peserta didik dalam hal menyelesaikan masalah dan membangun pengetahuan baru dan Articulate Storyline 3 menjadi sebuah multimedia interaktif audiovisual untuk mengemas sebuah pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan melibatkan peserta didik langsung secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Articulate Storyline 3 terhadap minat belajar peserta didik SMA. (2) mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Rogojampi. Sampel penelitian ditentukan setelah ditentukan uji homogennitas terhadap hasil UAS populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode random sampling dengan ujian. Desains penelitian yang digunakan adalah Posttest only control group desains. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Uji Mann-Whitney test (dikarenakan data tidak terdistibusi normal setelah dilakukan uji normalitas ) dengan bantuan IBM SPSS 24. Berdasarkan hasil analisis minat belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata minat belajar pada kelas eksperimen sebesar 86 dan kelas kontrol sebesar 74. Adapaun nilai hasil minat belajar berdasarkan uji mann-whitney test diperoleh nilai mean rank kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 44,05 dan 22,93. Nilai Asymp. Sig(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya analisis keterampilan proses sains diperoleh nilai rata – rata pada kelas kontrol 57 sebesar dan kelas eksperimen sebesar 79. Adapaun nilai keterampilan proses sains berdasarkan uji mann-whitney test diperoleh nilai mean rank kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 49,12 dan 18,73, serta nilai Asymp. Sig(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05. Maka maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis di atas maka kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah : (1) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media Articulate Storyline 3 berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik di SMAN 1 Rogojampi materi Hukum Newton tentang Gravitasi. (2) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media Articulate Storyline 3 berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik di SMAN 1 Rogojampi materi Hukum Newton tentang Gravitasi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116776
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository