Show simple item record

dc.contributor.authorPRiNDATAMA, Ratu Salsabila Wiaam
dc.date.accessioned2023-06-06T22:26:33Z
dc.date.available2023-06-06T22:26:33Z
dc.date.issued2023-02-18
dc.identifier.nim190210402100en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116639
dc.descriptionFinalisasi repositori 07 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKetika mitra dan pembicara bertemu untuk mengungkapkan maksud dan tujuan percakapan, tuturan pun terjadi. Tindak tutur tidak lepas dari kegiatan berbicara yang merupakan suatu keterampilan dalam menyampaikan pesan melalui bahasa lisan yang disampaikan oleh kepada orang lain. Melalui tuturan, manusia dapat mengungkapkan apapun yang diinginkan melalui bahasa. Bahasa digunakan dalam berbagai kegiatan contohnya dalam dunia pendidikan terutama saat di sekolah, banyak sekali tindak tutur yang terjadi. Berdasarkan paparan tersebut, didapatkan 3 rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X di SMAN 2 Jember, (2) Bagaimanakah fungsi tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X di SMAN 2 Jember dan (3) Bagaimanakah modus tindak tutur ekpresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X di SMAN 2 Jember. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif siswa kelas X dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Jember, (2) Mendeskripsikan fungsi tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Jember dan (3) Mendeskripsikan modus tindak tutur ekpresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Rancangan penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMAN 2 Jember, diperoleh bentuk tindak tutur ekspresif pada siswa kelas X sebagai berikut: (1) bentuk berterima kasih, (2) bentuk memuji, (3) bentuk meminta maaf , lalu hasil penelitian dalam fungsi tindak tutur ekspresif didapatkan sebagai berikut: (1) fungsi mengucapkan terima kasih, (2) fungsi memuji, (3) fungsi mengkritik, (4) fungsi mengeluh. Sedangkan hasil penelitian yang menunjukkan mengenai modus tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X di SMAN 2 Jember di peroleh hasil sebagai berikut: (1) modus deklaratif, (2) modus optatif, (3) modus imperatif, (4) modus interogratif dan (5) modus obligatif. Pertama, penelitian ini nantinya dapat dimanfaatkan guru sebagai salah satu manfaat untuk mengetahui bentuk, fungsi dan modus dari tuturan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Kedua, penelitian ini dapat bermanfaat sebagai referensi peneliti selanjutnya agar dapat menjadikan rujukan, sumber informasi dan bahan referensi pada penelitian serta menjadikan motivasi bagi peneliti selanjtunya agar dikembangkan menjadi penelitian yang sempurna. Ketiga, manfaat bagi sekolah yaitu memberikan kontribusi dalam upaya pembentukan kepribadian peserta didik sesuai dengan standar kesantunan dan kesopanan, sehingga kualitas pembelajaran menjadi optimal dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas peserta menjadi lebih baik kedepannya.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Arju Mutiah M.Pd Pembimbing Anggota Ahmad Syukron., S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTindak Tutur Ekspresifen_US
dc.subjectSiswa SMAen_US
dc.subjectPembelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.titleTindak Tutur Ekspresif Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Muti’ah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-12-Mei-2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record