Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia dalam Kegiatan Pembelajaran di SMP Negeri 6 Jember
Abstract
Penelitian ini menganalisis tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 6 Jember yang berjenis kualitatif menggunakan rancangan pragmatik. Persoalan yang diuraikan berupa jenis, fungsi, dan perlokusinya. Teknik yang digunakan dalam menghimpun data adalah observasi dan wawancara. Instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Instrumen tambahan yang digunakan adalah tabel pemandu pengumpulan data, tabel pemandu analisis data, dan pedoman wawancara. Terdapat tiga jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan, yaitu: (1) direktif, (2) ekspresif, dan (3) asertif. Tindak tutur ilokusi direktif berupa memerintah. Tindak tutur ilokusi ekspresif berupa meminta maaf dan memuji. Tindak tutur ilokusi asertif berupa menyatakan. Terdapat dua fungsi tindak tutur ilokusi yang ditemukan, yaitu: (1) fungsi kompetitif dan (2) fungsi bertentangan. Fungsi kompetitif berupa memerintah dan meminta. Fungsi bertentangan berupa memarahi. Terdapat tiga jenis tindak perlokusi dari tindak tutur ilokusi guru yang ditemukan, yaitu: (1) perlokusi ujaran positif, (2) perlokusi ujaran negatif, (3) perlokusi tindakan positif, dan (4) perlokusi tindakan negatif.