Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI(Group Investigation-Guided Inquiry) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia tehadap Keterampilan Penalaran Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa di SMP
Abstract
Model GI-GI merupakan kombinasi dari model Group Investigation dan Guided Inquiry. Itu Model Investigasi Kelompok membimbing siswa untuk menutupi konsep belajar dengan cara penyelidikan melalui pekerjaan kelompok. Model Inkuiri Terbimbing adalah model yang mendukung siswa untuk memperoleh pengetahuan dengan cara penemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran GI-GI dengan menerapkan penelitian kuantitatif jenis. Sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen semu. Rancangan penelitian menggunakan posttest only control. Rancangan kelompok menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata sangat baik dan baik kategori sedang, sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata baik, sedang dan tidak baik merupakan sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada siswa, salah satunya adalah pembelajaran.